Efek bekerja didepan komputer

Halo sobat…

Hampir setiap hari selama 8 jam saya berada di depan komputer…( kayaknya bukan cuma saya ya…). Jadi hampir tiap 8 jam/hari pula mata ini melototin monitor and tangan pencet-pencet keyboard. Karena emang seneng and tuntutan profesi, rutinitas ini jadi secara tak sadar membuat saya menjadi cuek pada efek yang muncul.

Efek yang mulai saya rasakan ada 3 hal, yaitu :

1. efek fisik

– mata saya menjadi sering berair, atau kadang malah terasa kering dan pedih. ( mungkin karena kelamaan

– punggung / pundak belakang sering pegal

– badan kurang segar, bisa jadi menjadi faktor penambah berat badan. ( mungkin karena jadi kebanyakan duduk )

2. Efek psikis

– menumpulkan sosialisasi.

– merasa asing dengan sekitar. ( bagi yang workaholic kali ya…)

Ini baru analisa yang timbul dari apa yang saya rasakan. Dan berdasarkan pengalaman pribadi juga, saya ada kiat untuk me”refresh” otak dan badan. beberapa hal kecil namun unik itu antara lain :

– usahakan mengalihkan pandangan mata dari monitor minimal selama 3 menit tiap 15 menit.

– mencuci muka minimal 4 kali selama rentang waktu kerja kita.

– berjalan berkeliling ( disekitar kita ) atau sekedar berdiri dari bangku kerja, bila memungkinkan bisa minimal 3 menit tiap 1 jam.

– bagi yang sudah punya anak, telp buah hati anda setidaknya 5-10 menit. ini obat mujarab untuk menghilangkan stress.

Mudah – mudahan kiat saya bisa bermanfaat.