BBM naik, rakyat menangis

Assalamualaikum sahabat Cinta semua…

Hari ini bener – bener membuat saya berfikir, menangis, sekaligus bersyukur. Hari ini saya melihat seorang tunawisma tua ( bahkan renta..)di pinggir trotoar di samping tempat parkir mobil, badannya lusuh dengan banyak bawaan plastik bekas.Dan saya yakin, ada banyak bapak tua yang seperti ini di luar sana.

Yang bikin saya berfikir adalah, bagaimana mereka harus melanjutkan hidup ( meskipun seadanya ) untuk sekedar makan dan minum, kalau sekarang harga seporsi nasi uduk rp.1500,00 ( dulu bisa rp.1000 ). Bedanya memang hanya 500 perak, tapi bagi mereka pasti sangat berat…..

Yang bikin saya menagis adalah…tepat di samping dia duduk parkir sebuah mobil mewah dan didalamnya berbincang 2 eksekutif muda tentang uang ratusan bahkan milyaran rupiah! sebenarnya saya tidak menyalahkan yang di dalam mobil tersebut, saya lebih melihat diri saya sendiri, bagaimana saya kadang kurang berempati kepada mereka yang papa. Kalo kita perpikir jernih, ada satu ajaran di agama Islam yang sebenarnya sudah mengatur tentang hak – hak umat papa yakni zakat. Jika zakat yang bisa dikumpulkan dari umat yang lebih mampu secara maksimal, Insya Alloh bisa membantu meringankan penderitaan saudara-saudara kita yang kurang beruntung ini. Saya berfikir, jikalau zakat ini bisa maksimal…hasilnya pasti luar biasa!!! maka dari itu ayo berdayakan umat untuk sesama….dan kita harus memulai dari lingkungan terdekat kita

“Melihat ke bawah” memang perlu, sangat perlu untuk mengingatkan kita untuk selalu bersyukur dan jangan terlalu mudah mengeluh. ” Melihat ke atas” adalah cara untuk memacu semangat kita untuk menjadi lebih baik. Jadi akan sangat indah bila kita bisa memposisikan ditempat yang paling berimbang.

Hari ini adalah jadi bukti nyata bahwa kenaikan BBM ( menyebabkan kenaikan biaya disegalabidang ) membuat lebih banyak saudara kita menangis. Termasuk bikin pusing para ibu rumah tangga untuk mengatur keuangan biar dapur tetep mengebul……

Leave a Reply

